Social Icons

Pages

Monday, March 13, 2017

Cara Merawat Printer Canon Agar Awet Tahan Lama

Cara Merawat Printer Canon Agar Awet Tahan Lama

Saya akan berbagi sedikit tips Cara Merawat Printer Canon Agar Awet Tahan Lama, karena saya menggunakan printer Canon MP237. Sudah ada kurang dari 5 tahun saya menggunakan Printer ini. Saya pelajari gimana cara merawatnya agar printer saya awet, sebelumnya saya sudah ganti printer 3x. yang pertama dan kedua saya menggunakan printer merek canon,dengan tipe Canon IP2770, dan yang ke tiga saya ganti dengan Canon MP237 karena kebutuhan, Selama kurang dari 5 tahun saya baru ganti cartridge 1x, itu juga yang warna hitam, karena yang sering saya gunakan warna hitam, selain cetak foto, print dokumen, sampai foto copy, warna hitam dominan selalu ikut serta dalam proses cetak.


Dalam Cara Merawat Printer Canon Agar Awet Tahan Lama beberapa langkah yang saya lakukan untuk menjaga printer saya agar tetap dapat digunakan sebagaimana printer normal, karena printer buat saya sangat penting untuk usaha saya. Dan berikut ini beberapa langkah tersebut.

Tegangan Listrik
Perhatikan aliran listrik rumah anda, apakah stabil? Biasanya aliran listrik tidak stabil, kadang tinggi dan kadang rendah. Usahakan kalau bisa aliran listrik stabil, karena dapat memicu kerusakan komponen pada printer dengan tegangan listrik yang tidak stabil missal sensor pada printer. Untuk mengatasi masalah ini saya tambahkan alat pengatur tegangan seperti Stabilizer.

Tinta
Gunakan tinta yang berkualitas atau yang asli. Ini yang sering jadi kendala terutama pada harga, karena tinta yang berkualitas atau yang asli pasti harganya juga cukup mahal, tapi demi printer kita menjadi awet, apa lagi printer milik sendiri, tidak ada salahnya memberikan yang berkulaitas demi kenyaman dan kelancaran kerja kita.

Perhatikan pengisian ulang tinta jangan di biarkan sampai kosong, segera isi bila tinta menunjukan akan habis. Untuk printer inkjek jangan terlalu penuh isi ulang pada tabung tinta, karena tekanan tinta ke cartridge akan deras dan mengakibatkan tinta mengalami banjir. Bila sedang menggunakan printer mencetak usahakan tutup udara pada tabung di buka, agar tinta mengalir dengan lancar, dan bila selesai menggunakan printer pada tabung tinta printer infus tutup kembali pada penutup udara, agar debu tidak dapat masuk di dalam tinta.

Cartridge
Bersihkan cartridge dengan tisu dari tinta di sekitar lubang semprot sebelum kering, karena dapat menyumbat lubang semprot bila sudah kering atau beku. Apa lagi printer habis cetak jumlah banyak, biasanya mulut semprot di penuhi dengan tinta yang lebih di sekitar mulut semprot cartridge. Saat hendak melepaskan cartridge dari printer jangan sampai menyentuh Chip Cartridge, karena bagian ini sangat sensitive. Biasanya mengakitbatkan cartridge bisa tidak lagi terhubung di karenakan chip cartridge kotor atau yang lainnya, yang mengganggu komponen tersebut. Dan lakukan pemberisihan (Head Cleaning) secara berkala dari computer di Printer Properties, untuk menjaga tinta keluar dengan lancar. 

Printer
Gunakan selalu printer canon anda setiap hari meski hanya Print Test Page, karena pada printer canon infus tidak di gunakan apa lagi sampai waktu lama, akan mengakibatkan tinta di head cartridge kering, beku dan menggumpal, sehingga akan menyumbat mulut semprot, dan hasil cetak menjadi buruk, bergaris tidak jelas dan bahkan sampai tidak keluar warna sama sekali.

Jaga kebersihan pada printer, jangan sampai banyak debu masuk, apa lagi benda asing, sehingga menyebabkan kotor atau macet pada printer dan printer menjadi tidak awet. Saya untuk mengatasi hal satu ini saya tutup printer dengan kain, bila sedang tidak atau habis menggunakannya.

Jangan pernah membokar  kasing printer bila belum pengalaman atau ahli, karena setiap komponen printer sangat sensitive, sampai ada kesalahan sedikit pada waktu membongkar kasing printer mengakibabkan kerusakan pada printer.

Kertas
Jangan gunakan kertas kotor atau kusut karena mengakibatkan Roller atau mulut semprot tinta menjadi kotor, dan membuat printer cepat rusak.

Demkian tips dari saya Cara Merawat Printer Canon Agar Awet Tahan Lama, perawatan yang saya lakukan untuk printer yang saya gunakan sampai saat ini. Semoga dapat menjadi preferensi dan bermanfaat. Sekian terima kasih,..



No comments:

Post a Comment