Social Icons

Pages

Wednesday, January 20, 2016

Teknik Dasar Bermain Double Pedals Drum Untuk Pemula


Untuk belajar bermain double pedal, teknik yang harus kita ketahui, ada dua macam teknik untuk memainkan double pedal, teknik menginjak pedal bass drum,yaitu teknik heel down,tumit menempel dan teknik heel up,tumit diangkat. 

Teknik Heel down adalah merupakan teknik yang salah dalam memainkan permainan teknik double pedal, karena jika anda menginjak pedal dengan teknik ini maka beater pedal akan tenggelam di drumhead bass drum atau menempel di bass drum. Suara bass drum jadi tertahan.oleh karena itu teknik heel down tidak cocok untuk memainkan double pedal. bahkan dapat di katakan, tidak mungkin kita memainkan teknik double pedal dengan menggunakan teknik ini, dan tidak ada drumer yang memainkan teknik ini.

Teknik heel up adalah posisi yang benar untuk memainkan double pedal. Tumit diangkat, posisi kaki dimundurkan hampir di ujung pedal. Posisi kaki ini berguna untuk memanfaatkan pegas pada pedal sehingga saat menginjak pedal, secara otomatis beater pedal akan terpental kembali karena mengandalkan pegas yang ada di pedal.Jadi,dengan menggunakan teknik heel up, kita tidak perlu bersusah payah lagi mengangkat kaki untuk menginjak pedal karena kaki dengan sendirinya terangkat oleh pegas pedal. kaki bertugas menginjak, meginjak dan menginjak sehingga anda sama sekali tidak menggunakan energi untuk mengangkat kaki. Cara ini tidak akan membuat anda cepat lelah.

Untuk awal memainkan double pedal mulai dengan gerakkan pedal dari kaki kiri lalu kanan dengan pola dibawah ini.

LR LR LR (Left-right) Kemudian lanjut dengan pola LLRR LLRR

Untuk melatih gerakan kaki antara kaki kiri dengan kaki kanan pada saat belajar Double Pedal harus sering dilatih terutama kaki kiri agar lemas dan tidak kaku. Selanjutnya latih kedua kaki menggunakan pola yang lebih rumit dengan pola berikut.

RLRR LRLL RLRR LRLL dan LLLR RLLL LLLR RLLL, atau buatlah Pola sendiri yang menurut anda nyaman untuk melatih kedua kaki.

Bila anda memainkan double pedal sudah lancar dan stabil, selanjutnya memainkan double pedal dengan di ikuti snare drum dan cymbal,atur juga posisi duduk anda senyaman mungkin karena posisi duduk dapat mempengaruhi dalam permainan double pedal. Untuk melatih tempo gunakanlah Metronome karena dapat membantu dalam melatih kecepatan kaki, bila baru belajar mulai dengan tempo yang lambat kemudian bertahap dengan menaikan tempo. Berlatihlah setiap hari permainan double pedal anda agar cepat lancar dan stabil.



No comments:

Post a Comment