Social Icons

Pages

Tuesday, March 1, 2016

Susunan Text Pembawa Acara/MC Pengajian

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil 'alamin, wa bihi nasta'iinu 'alaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu 'alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa 'ala aalihi wa ash habihi ajma'in, robbi shroli shodri waya shirli amri wahlul uddatam millisani yafkohu kauli amma ba'du:

Kepada ibu,……………, selaku tuan rumah yang kami hormati, serta ibu-ibu jama’ah yasin rutinan yang berbahagia yang di rahmati allah.
Puji syukur Alhamdulillah marilah kita senatiasa panjatkan kehadirat Allah swt. berkat limpahan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kita semua, yang mana sampai saat ini kita masih di berikan iman, islam dan kesehatan, sehingga pada siang hari ini kita dapat berkumpul bersama dalam pengajian rutinan

Tak lupa sholawat dan salam semoga allah senantiasa mencurahkan pada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW berserta keluarga dan para sahabatnya. Yang mana beliau adalah nabi yang membawa syafaat allah dan mudah-mudahan kita selaku umatnya mendapatkan syafaat-Nya pula di yaumil akhir amin, amin allahuma amin,…

Perkenankanlah saya selaku pembawa acara, utuk membacakan susunan acara pada siang hari ini. Adapun susunan acaranya adalah sebagai berikut :

1. Pembukaan
2. Pembacaan kalam Ilahi
3. Pembacaan Sholawat Nabi
4. Pembacaan surat Yasin
5. Pembacaan Istighosah
6. Mauidhatul Hasanah
7. Penutup/do'a

Ibu-ibu untuk mempercepat waktu marilah kita mulai pengajian siang hari ini

1. Pembukaan:
Marilah acara pengajian hari ini kita buka bersama dengan membaca ummul Qur’an
Liridho illahi ta’ala syai un lilahi ta’ala,…  Alfatihah,……….., Amin.

2. Pembacaan Kalam Ilahi:
Acara yang kedua pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an yang akan dibacakan oleh ……......., untuk waktunya kami persilahkan.
Terima kasih kami sampaikan, mudah-mudahan pahalanya dilimpahkan kepada kita semua, utamanya kepada qari' yang membacanya.

3. Pembacaan Sholawat Nabi
Acara yang ketiga pembacaan Sholawat Nabi yang akan di lantunkan oleh Ibu ……..., untuk waktunya kami persilahkan.

4. Pembacaan Surat Yasin
Acara yang keempat pembacaan surat Yasin yang akan di imami oleh Ibu ……….., untuk waktunya kami persilahkan.

5. Pembacaan Istighosah
Acara yang kelima Pembacaan Istighosah yang akan di imami oleh Ibu ……….., untuk waktunya kami persilahkan.

6. Mauidhatul Hasanah:
Kini sampailah kita pada acara inti pada siang hari ini, yaitu mauidhatul hasanah, yang akan disampaikan oleh yang terhormat bapak/ibu kiai ............., kepada beliau kami persilahkan.
Kepada yang terhormat bapak/ibu kiai .............., kami sampaikan banyak-banyak terima kasih, mudah-mudahan petuah dan nasehat (mauidhatul hasanah) tadi bermanfaat bagi kita semua, amin.

7. Penutup/Do'a:
Acara demi acara telah kita lalui bersama, kini sampailah kita pada puncak acara pada pertemuan siang hari ini, yaitu pembacaan do'a, sebelum do'a dimulai, kami selaku pembawa acara mohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila ada tutur kata ucapan  yang tidak sopan atau kurang berkenan di hati ibu-ibu sekalian. Kepada yang mulia bapak/ibu kiai .........., kami persilahkan untuk memimpin do'a sekaligus menutup acara ini.

Marilah acara pengajian hari ini kita tutup dengan bacaan Hamdalah (Alhamdulillah).

Wabilahi taufiq walhidayah,… Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh….,

Demikian contoh Susunan Text Pembawa Acara/MC Pengajian Rutin, di atas ini sebagai contoh pengajian Ibu-ibu rutinan mingguan. Hal-hal yang lebih detailnya bisa di tambahkan dan disesuaikan dengan mayta acara yang akan di sajikan. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment