Social Icons

Pages

Wednesday, March 1, 2017

Cara Memperbaiki Hasil Cetak Bergaris Warna Hitam Printer Canon

Cara Memperbaiki Hasil Cetak Bergaris Warna Hitam Printer Canon

Apakah anda pernah mengalami hasil cetak printer warna hitam bergaris, tidak jelas atau buruk seperti gambar di atas? Biasanya yang sering menjadi penyebabnya adalah Aliran Tinta Tidak Lancar, Head Cartridge Tersumbat, Encouder (pita plastic panjang yang berada di belakang cartridge) kotor, atau cartridge memang sudah lemah atau rusak dan minta diganti dengan Cartridge Baru.


Apa salahnya sebelum menggati cartridge dengan yang baru, kita mencoba beberapa langkah memperbaiki masalah tersebut. Saya akan berbagi sedikit yang saya ketahui tentang memperbaiki masalah ini, karena saya sering mengalaminya hal seperti ini. Dan printer yang saya gunaka printer Canon Mp237. Berikut ini Cara Memperbaiki Hasil Cetak Bergaris Warna Hitam Printer Canon.

Yang pertama lakukan pembersihan dari computer anda yaitu Cleaning dan Deep Cleaning pada Head Cartirdge dari pengaturan printer anda yaitu buka Devices and Printers, kemudian Printer Properties, pada Printer Properties pilih Perawatan, lihat gambar di bawah ini.

Cara Memperbaiki Hasil Cetak Bergaris Warna Hitam Printer Canon

Pilih Pembersihan (Cleaning) atau Pembersihan Tingkat Dalam (Deep Cleaning). Kemudian anda akan di arahkan pada Pembersihan Kepala Cetak dan memilih warna yang akan di bersihkan, menurut saya pilih semua warna saja. Klik Laksanakan untuk mmelanjutkan proses pembersihan klik OK. Selanjutnya anda di arahkan Pemeriksaan Mulut Semprot ada klik Cetak Pola Pemeriksaan. Dan lihat hasilnya bagus, tidak bergaris, jelas berarti printer sudah normal kembali.

Bila langkah di atas hasilnya nihil, hasil cetak masih buruk, bergaris coba anda bersihkan Head Cartridge lakukan dengan langkah berikut ini.

  • Pertama lepas Cartridge yang bermasalah berhubung judul warna hitam saya contohkan cartridge warna hitam dan saya terapkan sendiri pada printer saya.
  • Kemudian rendam dengan air hangat kurang lebih 5 menit sampai tidak mengeluarkan tinta dan tinta dalam cartridge seperti tidak ada lagi tinta, kemudian lap dengan tisu sampai bersih dan letak cartridge di atas tisu tunggu sampai kering. Anda juga dapat menggunakan alat penyedot, bila anda memiliki alatnya dan dapat anda beli di toko-toko computer dan printer.
  • Sambil menunggu cartridge kering, cek Encouder (pita plastic panjang yang berada di belakang cartridge) apakah kelihat kotor akibat cipratan tinta, bila kotor tidak parah bisa anda bersihlan dengan tisu atau cotton buds secara perlahan, bila kotornya sudah parah anda bersihkan dengan melepas Encouder tersbut kemudian rendam dengan air hangat beberapa menit sekiranya sampai bersih, kemudian pasang kembali.
  • Selajutnya periksa cartridge yang tadi apakah sudah kering dah bersih? Bila sudah bersih dan kering kemudian isi dengan tinta, kemudian pasang kembali pada printer. Dan di coba untuk melihat hasilnya. Bila hasil cetak tidak bergaris dan jelas berarti printer sudah kembali normal.

Bila langkah di atas sudah anda terapkan tapi hasilnya masih sama saja, berarti cartridge anda sudah lemah atau rusak, dan harus diganti dengan yang baru. Bila tidak terlalu parah cartridge, anda bisa merubah pengaturan Kualitas Cetak Standar menjadi Height (Tinggi), di printer Printing Preferences. Cukup sekian Cara Memperbaiki Hasil Cetak Bergaris Warna Hitam Printer Canon dari saya semoga bermanfaat, reima kasih,...



No comments:

Post a Comment