Social Icons

Pages

Friday, March 24, 2017

Teks Pidato: Pengaruh Sinetron Terhadap Remaja


Assalamualaikum wr wb.

Selamat (Pagi/Siang/Sore),...

    Kepada yang terhormat bapak Kepala Sekolah SMA/SMK....................., bapak guru selaku guru bahasa Indonesia, serta teman  teman sekalian yang saya banggakan.

      Marilah kita ucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa , oleh karena berkat, rahmat dan hidayah-Nyalah sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato yang singkat ini mengenai “PENGARUH SINETRON TERHADAP REMAJA“ Dalam rangka ajang pidato Bahasa Indonesia., terutama pelajar dan kawula muda yang masih sangat rentan di usianya sekarang.

    Pada zaman modern ini adalah setiap orang bebas untuk melakukan segala hal dengan kreativitasnya masing-masing. Bahkan tidak sedikit yang melenceng dari ketentuan norma dan asusila di masyarakat.

    Salah satu sumber utama yang dapat merusaknya adalah pengaruh dari media seperti televisi dan sinetron di dalamnya. Sinetron merupakan serial film yang ditayangkan di televisi dan seringkali kita tonton di rumah bersama dengan keluarga.

     Sinetron adalah sinema elektronik yang berarti sebuah karya cipta seni budaya yang ditayangkan sebagai hiburan bagi para masyarakat.

    Namun perlu kita sadari bahwa sinetron memiliki dampak positif dan negatif dalam kehidupan. Bila kita mengambil hal yang baik dari sinetron yang di tonton sebagai pembelajaran dari hal yang salah menjadi hal yang baik maka sinetron bisa menjadi positif. Dan sebaliknya apabila kita mengambil hal yang buruk dari sinetron sebagai sesuatu yang ditiru dan menjadi pergaulan bebas maka sinetron bisa menjadi negatif.

     Sinetron memang media yang sangat menghibur dan digemari oleh banyak masyarakat, namun bukan berarti sinetron tidak memiliki pengaruh yang negatif bagi masyarakat khususnya bagi kita para remaja.

     Oleh karena itu,  sebagai remaja kita seharusnya menempatkan sinetron sebagai media hiburan yang mendidik. Seharusnya kita memiliki filter terhadap sinetron yang kita tonton, mana nilai yang seharusnya kita ambil sebagi pelajaran  dan mana yang tidak seharusnya kita tiru.

    Demikian pidato yang saya sampaikan, semoga bisa memberikan pencerahan dan inspirasi bagi kita semua. jika ada kata-kata dari saya yang kurang berkenan,saya ucapkan mohon maaf sebesar-besarnya.

    Terimakash.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.



No comments:

Post a Comment