Social Icons

Pages

Tuesday, August 23, 2016

Teknik Dasar Memegang Stick Drum

Belajar bermain drum pertama harus mengetahui teknik memegang stick drum. Teknik memegang stick drum ada 2 yaitu Tradisional Grip dan Matched Grip. Dan setiap pemain drum cara memegang stick berbeda-beda sesuai dengan aliran musik yang di mainkan. Pada umumnya cara memegang stick drum sebagai berikut yang benar:

1. Tradisional Grip
Teknik ini paling sering digunakan para Drummer aliran Jazz, Blues, dan para Rocker era '60an. Sebenarnya tidak ada masalah  dengan aliran, tergantung gimana kita aja mana yang enak dipake. Cara memegang nya bisa sobat liat pada gambar dibawah.

Teknik Dasar Memegang Stick Drum

2. Matched Grip
Teknik ini sering kali di lihat pada Drummer-drummer pada umum nya. Teknik ini pun memiliki 2 metode yaitu :

  • Tangan Tertutup (Closed Hand), dimana teknik ini menggenggam stick secara utuh serta mengandalkan power dari lengan dan pergelangan lengan sobat sehingga tak heran kalau bermain dengan teknik Tangan Tertutup cepat lelah. dan teknik
  • Tangan Terbuka (Open Hand), cara memegangnya sama dengan colsed hand, hanya saja teknik ini lebih mengutamakan ibu jari dan telunjuk untuk memegang stick, sedangkan jari-jari lain digunakan untuk mendorong stick sehingga pada saat memukul akan tercipta pantulan pada Drum. Dapat sobat liat pada gambar dibawah.

Teknik Dasar Memegang Stick Drum

Teknik Dasar Memegang Stick Drum

Coba paraktekan Cara Memegang Stick Drum dengan lathan Teknik Sticking Drum seperti di bawah ini:

Teknik Sticking Drum
Dalam permainan drum tentunya tidak asal pukul, Butuh latihan agar dapat lancar dalam rolling dan lain-lain. ada macam-macam pola dalam melakukan teknik sticking, tapi pada dasar nya yang sering digunakan dalam latihan dasar yaitu :

  • Single Stroke dimana memukul secara bergantian R L R L.
  • Double Stroke memukul 2 pantulan RR LL RR LL.

Sangat disarankan untuk memperlancar Single Stroke terlebih dahulu untuk belajar drummer pemula agar lancar dalam bermain. Lakukan latihan sticking setiap hari paling tidak selama 10 menit untuk merenggangkan otot-otot pada lengan. Tak perlu cepat yang penting stabil,  Lebih bagus lagi menguggakan metronome atau alat pengatur tempo agar pukulan agar lebih stabil. Hal ini lebih efektif dibanding melakukannya 1 Minggu.



No comments:

Post a Comment